KETERKAITAN NILAI DAN INDIKATOR
UNTUK SEKOLAH DASAR
NILAI | INDIKATOR | |
1 – 3 | 4 – 6 | |
Religius: Sikap dan perilaku yang patuh dalam melaksanakan ajaran agama yang dianutnya, toleran terhadap pelaksanaan ibadah agama lain, serta hidup rukun dengan pemeluk agama lain. | Mengenal dan mensyukuri tubuh dan bagiannya sebagai ciptaan Tuhan melalui cara merawatnya dengan baik. | Mengagumi sistem dan cara kerja organ-organ tubuh manusia yang sempurna dalam sinkronisasi fungsi organ. |
Mengagumi kebesaran Tuhan karena kelahirannya di dunia dan hormat kepada orangtuanya. | Bersyukur kepada Tuhan karena memiliki keluarga yang menyayanginya. | |
Mengagumi kekuasaan Tuhan yang telah menciptakan berbagai jenis bahasa dan suku bangsa. | Merasakan kekuasaan Tuhan yang telah menciptakan berbagai keteraturan dalam berbahasa. | |
Senang mengikuti aturan kelas dan sekolah untuk kepentingan hidup bersama. | Merasakan manfaat aturan kelas dan sekolah sebagai keperluan untuk hidup bersama. | |
Senang bergaul dengan teman sekelas dan satu sekolah dengan berbagai perbedaan yang telah diciptakan-Nya. | Membantu teman yang memerlukan bantuan sebagai suatu ibadah atau kebajikan. | |
Jujur: Perilaku yang didasarkan pada upaya menjadikan dirinya sebagai orang yang selalu dapat dipercaya dalam perkataan, tindakan, dan pekerjaan. | Tidak meniru jawaban teman (menyontek) ketika ulangan ataupun mengerjakan tugas di kelas. | Tidak meniru pekerjaan temannya dalam mengerjakan tugas di rumah. |
Menjawab pertanyaan guru tentang sesuatu berdasarkan yang diketahuinya. | Mengatakan dengan sesungguhnya sesuatu yang telah terjadi atau yang dialaminya. | |
Mau bercerita tentang kesulitan dirinya dalam berteman. | Mau bercerita tentang kesulitan menerima pendapat temannya. | |
Menceritakan suatu kejadian berdasarkan sesuatu yang diketahuinya. | Mengemukakan pendapat tentang sesuatu sesuai dengan yang diyakininya. | |
Mau menyatakan tentang ketidaknyaman suasana belajar di kelas. | Mengemukakan ketidaknyaman dirinya dalam belajar di sekolah. | |
Toleransi: Sikap dan tindakan yang menghargai perbedaan agama, suku, etnis, pendapat, sikap, dan tindakan orang lain yang berbeda dari dirinya. | Tidak mengganggu teman yang berlainan agama dalam beribadah. | Menjaga hak teman yang berbeda agama untuk melaksanakan ajaran agamanya. |
Mau bertegur sapa dengan teman yang berbeda pendapat. | Menghargai pendapat yang berbeda sebagai sesuatu yang alami dan insani. | |
Membantu teman yang mengalami kesulitan walaupun berbeda dalam agama, suku, dan etnis. | Bekerja sama dengan teman yang berbeda agama, suku, dan etnis dalam kegiatan-kegiatan kelas dan sekolah. | |
Menerima pendapat teman yang berbeda dari pendapat dirinya. | Bersahabat dengan teman yang berbeda pendapat. | |
Disiplin: Tindakan yang menunjukkan perilaku tertib dan patuh pada berbagai ketentuan dan peraturan. | Datang ke sekolah dan masuk kelas pada waktunya. | Menyelesaikan tugas pada waktunya. |
Melaksanakan tugas-tugas kelas yang menjadi tanggung jawabnya. | Saling menjaga dengan teman agar semua tugas-tugas kelas terlaksana dengan baik. | |
Duduk pada tempat yang telah ditetapkan. | Selalu mengajak teman menjaga ketertiban kelas. | |
Menaati peraturan sekolah dan kelas. | Mengingatkan teman yang melanggar peraturan dengan kata-kata sopan dan tidak menyinggung. | |
Berpakaian rapi. | Berpakaian sopan dan rapi. | |
Mematuhi aturan permainan. | Mematuhi aturan sekolah. | |
Kerja keras: Perilaku yang menunjukkan upaya sungguh-sungguh dalam mengatasi berbagai hambatan belajar, tugas, dan menyelesaikan tugas dengan sebaik-baiknya. | Mengerjakan semua tugas kelas dengan sungguh-sungguh. | Mengerjakaan tugas dengan teliti dan rapi. |
Mencari informasi dari sumber di luar buku pelajaran. | Mencari informasi dari sumber-sumber di luar sekolah. | |
Menyelesaikan PR pada waktunya. | Mengerjakan tugas-tugas dari guru pada waktunya. | |
Menggunakan sebagian besar waktu di kelas untuk belajar. | Fokus pada tugas-tugas yang diberikan guru di kelas. | |
Mencatat dengan sungguh-sungguh sesuatu yang ditugaskan guru. | Mencatat dengan sungguh-sungguh sesuatu yang dibaca, diamati, dan didengar untuk kegiatan kelas. | |
Kreatif: Berpikir dan melakukan sesuatu yang menghasilkan cara atau hasil baru berdasarkan sesuatu yang telah dimiliki. | Membuat suatu karya dari bahan yang tersedia di kelas. | Membuat berbagai kalimat baru dari sebuah kata. |
Mengusulkan suatu kegiatan baru di kelas. | Bertanya tentang sesuatu yang berkenaan dengan pelajaran tetapi di luar cakupam materi pelajaran. | |
Menyatakan perasaannya dalam gambar, seni, bentuk-bentuk komunikasi lisan dan tulis. | Membuat karya tulis tentang hal baru tapi terkait dengan materi pelajaran. | |
Melakukan tindakan-tindakan untuk membuat kelas menjadi sesuatu yang nyaman. | Melakukan penghijauan atau penyegaran halaman sekolah. | |
Mandiri: Sikap dan prilaku yang tidak mudah tergantung pada orang lain dalam menyelesaikan tugas-tugas. | Melakukan sendiri tugas kelas yang menjadi tanggung jawabnya. | Mencari sumber untuk menyelesaikan tugas sekolah tanpa bantuan pustakawan sekolah. |
Mengerjakan PR tanpa meniru pekerjaan temannya. | Mengerjakan PR tanpa meniru pekerjaan temannya. | |
Demokratis: Cara berpikir, bersikap, dan bertindak yang menilai sama hak dan kewajiban dirinya dan orang lain. | Menerima ketua kelas terpilih berdasarkan suara terbanyak. | Membiasakan diri bermusyawarah dengan teman-teman. |
Memberikan suara dalam pemilihan di kelas dan sekolah. | Menerima kekalahan dalam pemilihan dengan ikhlas. | |
Mengemukakan pikiran tentang teman-teman sekelas. | Mengemukakan pendapat tentang teman yang jadi pemimpinnya. | |
Ikut membantu melaksanakan program ketua kelas. | Memberi kesempatan kepada teman yang menjadi pemimpinnya untuk bekerja. | |
Menerima arahan dari ketua kelas, ketua kelompok belajar, dan OSIS. | Melaksanakan kegiatan yang dirancang oleh teman yang menjadi pemimpinnya. | |
Rasa ingin tahu: Sikap dan tindakan yang selalu berupaya untuk mengetahui lebih mendalam dan meluas dari sesuatu yang dipelajari, dilihat, dan didengar. | Bertanya kepada guru dan teman tentang materi pelajaran. | Bertanya atau membaca sumber di luar buku teks tentang materi yang terkait dengan pelajaran. |
Bertanya kepada sesuatu tentang gejala alam yang baru terjadi. | Membaca atau mendiskusikan gejala alam yang baru terjadi. |