rel="colorSchemeMapping">

Friday, August 31, 2012

Perawatan Burung JALAK SUREN

Perawatan Burung JALAK SUREN

 Jalak suren adalah burung sawah yang memiliki kecerdasan yang baik karena jalak suren dapat menirukan berbagai jenis suara burung lainnya,seperti burung lovebird,burung kacer,burung hwamei,burung cucak ijo,burung murai batu,burung kenari,burung cucak jenggot,burung branjangan,burung cimblek,burung prenjak sawah dan lain lain,bahkan beberapa jalak suren yang sudah berumur dapat menirukan suara manusia seperti layaknya burung beo yang dapat menirukan suara manusia.Jalak suren merupakan jenis burung yang sangat cerewet dan rajin berkicau ketika ada orang lewat,maka dari itu banyak orang  yang memelihara jalak suren sebagai penjaga rumah,karena jalak suren yang sangat cerewet selain banyak digunakan sebagai penjaga rumah ,tak jarang para kicau mania memelihara jalak suren digunakan sebagai burung master karena dapat memancing burung lain untuk berkicau.
     Jalak suren dikenal ada 2 jenis yang sering dijumpai yaitu jalak suren jawa atau sering disebut jalak suren lokal dan jalak suren kalimantan.perbedaan antara jalak suren lokal dan jalak suren kalimantan dapat dilihat dari warna bulunya :
     1.jalak suren lokal




                *jalak suren lokal memiliki warna hitam polos pada bulu diatas paruhnya
     2.jalak suren kalimantan
                *jalak suren kalimantan memiliki warna putih pada bulu diatas paruhnya
     Selain karena sebagai burung master,banyak orang memelihara jalak suren karena perawatan yang relatif sangat mudah,seperti burung peliharaan lainnya,jalak suren tak perlu perawatan exstra,adapun yang harus diperhatikandalam memelihara jalak suren adalah :
  1. kebersihan kandang harus selalu terjaga dengan membersihkan kotoran pada kandang dipagi hari dan sore hari,mengganti makanan voer pada cepuk tiap 3 hari sekali,mengganti air minum setiap hari
  2. sebelum penjemuran,burung diangin-anginkan terlebih dulu pada teras rumah antara 1/2 jam-2jam,penjemuran sebaiknya dilakukan antara pukul 08.00-11.00
  3. selain pakan utama berupa voer,jalak suren perlu diberikan makanan tambahan berupa buah-buahan(pisang sobo,pepaya,sawo,dll) dan hewan hidup(jangkrik,ulat kandang,ulat hongkong,kroto,dll)
  4. burung jalak suren termasuk burung yang suka mandi,pemandian jalak suren dapat dilakukan dengan menggunakan bak mandi atau dengan cara disemprot tergantung dari kebiasaan jalak suren itu sendiri,memandikan jalak suren sebaiknya dilakukan pada pagi hari sebelum proses penjemuran.
  5. untuk melatih kekuatan stamina,jalak suren perlu diumbar pada kandang umbaran
  6. burung jalak suren perlu diberikan burung master seperti burung kenari,lovebird,cucak jenggot,dll.karena jalak suren dapat menirukan berbagai  macam suara burung lainnya
  7. untuk melatih mental burung,jalak suren perlu digandeng dengan burung jalak suren lain,sebelum digandeng sebaiknya porsi makan burung ditambah.