rel="colorSchemeMapping">

Tuesday, January 4, 2011

Renungan harian

Renungan Online - Negative Thinking

Coba perhatikan perhitungan angka-angka di bawah ini :
3+4=7, 9+2=11, 8+4=13, 6+6=12.
Apa yang anda dapatkan dari perhitungan di atas ?
Setiap kali pertanyaan tersebut diajukan lebih dari 90% peserta akan segera mengatakan 8+4 tidak sama dengan 13 tetapi seharusnya 12 !
Jawaban tersebut benar, 8+4 seharusnya 12 bukan 13, tetapi apabila diperhatikan lebih jauh sebenarnya dari 4 perhitungan diatas, hanya 1 perhitungan yang salah sedangkan 3 perhitungan yang lain benar.
Pada umumnya kita memusatkan perhatian pada hal-hal yang negatif atau yang salah daripada memusatkan pada hal-hal yang positif atau benar. Dalam kehidupan sehari-hari banyak dari kita yang lebih berfokus pada kesalahan atau kekurangan daripada kelebihan atau kebaikan orang lain.
Seperti halnya pada contoh perhitungan diatas, sebagian besar orang memperhatikan perhitungan yang salah. Apabila ada 10 orang yang tidak anda kenal lewat di depan anda, pada umumnya kita melihat orang tersebut dari sisi kekurangan mereka. Gemuk, botak, pendek, pesek.
Hal tersebut diatas juga dapat anda temukan di dunia kerja atau pendidikan. Rekan kerja anda mungkin telah menyelesaikan banyak proyek yang berhasil dan sekali waktu melakukan kesalahan yang menyebabkan suatu proyek gagal atau sewaktu anda sekolah dan pernah gagal di satu mata pelajaran kemungkinan besar teman-teman anda akan lebih mudah mengingat pada proyek atau mata pelajaran anda yang gagal tersebut walaupun itu hanya terjadi sekali.
Apakah anda mendapatkan makna dari ilustrasi di atas ? Apakah anda termasuk orang yang melihat orang lain dari sisi negatif daripada sisi positif ?
Anda mempunyai pilihan untuk menilai orang lain dari sisi negatif atau sisi positif, kenapa kita tidak memilih menilai orang lain dari sisi positif daripada sisi negatif.
Kumpulan Renungan Harian